Makna Penilaian Dalam Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013

 Makna Penilaian Dalam Pembelajaran dalam kurikulum 2013
Penilaian dalam kurikulum 2013 mencakup penilaian sikap, Pengetahuan dan ketrampilan

1. Penilaian atas pembelajaran (as sessment of learning).
    mengukur capaian siswa teradap kopetensi yang telah di tetapkan
2. Penilaian untuk pembelajaran ( assesment for learning ).
    Menggunakan kondisi siswa untuk memperbaiki pembelajaran
3. Penilaian Sebagai Pembelajaran ( assesmen As learning ).
    Siswa dapat menentukan target belajar.


PENILAIAN SIKAP

Arti : Penilaian terhadap kecenderungan perilaku siswa sebagai hasil pendidikan, baik dalam kelas maupun di luar kelas

Tujuan Untuk mengetahui tujuan Capaian dan membina prilaku  serta budi pekerti siswa sesuai butir-butir sikap dalam KD pada KI-1 dan KI-2

Cara penilaian sikap : selain mata pelajaran BK dan agama, guru hanya melakukan sebatas pengamatan di kelas atau dalam proses pembelajaran atau penilaian bersifat umum yang harus di tuangkan dalam sebuah jurnal. kecenderungan penilaian sikap adalah kecenderungan perilaku yang ekstrim. untuk penilaian lebih kongkrit di butuhkan penilaian dari guru BK dan Guru PAI untuk menilai secara kompleks sikap siswa.



TEKNIK PENILAIAN SIKAP 

a. melalui observasi terhadap perilaku sangat baik atau kurang baik yang di jumpai di kelas selama
    proses pembellajaran, syaratnya guru harus mengenali setiap siswa.

b. Di catat dalam jurnal berupa anekdot (Anecdot record) dan catatan tertentu ( incidental record).

c. Penilaian diri dan penilaian antar teman di lakukan sebagai penunjang, sebagai bahan konfirmasi
    dalam pembinaan dan pembentukan karakter siswa.


SISTEM PENILAIAN SIKAP

a. Penilaian Sikap Utama :
    1. Observasi oleh guru mata pelajaran selama satu semester, yang di lakukan selama proses
        pembelajaran.
    2. Observas oleh wali kelas dan guru Bk selama satu semester, di lakukan di luar jam
        pembelajaran   Baik secara langsung maupun berdasarkan informasi/laporan yang valid.
b. Penilaian sikap penunjang
    1. Penilaian diri dan penilaian antar teman, dilakukan sekurang-kurangnya 1 (satu) kali dalam satu
        semester ( menjelang UAS)

PENILAIAN DIRI
a. Penilaian diri dalam penilaian sikap merupakan penilaian dengan cara meminta siswa untuk
    mengemukakan kelebihan dan kekurangan dirinya dalam berprilaku.
b. Format Penilaian, dapat berupa daftar cek (checklist) atau skala penilaian (rating scale)

PENILAIAN ANTAR PESERTA DIDIK

Penilaian antarpeserta didik merupakan teknik penilaian dengan cara meminta peserta didik untuk saling menilai terkait dengan pencapaian kompetensi. Instrumen yang digunakan untuk penilaian antarpeserta didik adalah daftar cek dan skala penilaian (rating scale) dengan teknik sosiometri berbasis kelas. Guru dapat menggunakan salah satu dari keduanya atau menggunakan dua-duanya.

MAKNA PENILAIAN PENGETAHUAN  

a. Untuk mengukur kemampuan siswa yang meliputi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, 
    meta kognitif serta kecakapan berfikir tingkat rendah hingga tinggi. 
  • pengetahuan faktual : pengetahuan tersebut benar-benar terjadi yang di dasarkan pada dataatau hasil dari analisis dari data yang di simpulkan.
  • konseptual berdasarkan teori yang di simpulkan.
  • Pengetahuan Prosedural proses pengumpulan data kemudian di analisis.
  • Meta kognitif : berfikir tingkat tinggi
b. Berkaitan dengan ketercapaian KD KI 1
c. Di lakukan dengan berbagai teknik penilaian
d. Perencanaan di lakukan pada saat pemmbuatan RPP


DWI WAHYU MUKTIONO | PPG SM-3T UNNES V | Pendalaman Materi 1 | Pedagogig |


Comments